CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 18 Mei 2008

Ayo Berpetualang-Persiapan




Halo para petualang!


Tentunya adik-adik gemar berpetualang di alam bebas. Pasti sangat menyenangkan bukan? Menikmati indahnya pegunungan dan bintang-bintang di malam hari, mengarungi ganasnya sungai, menelusuri lorong-lorong misterius di dalam gua, dan menyelami dasar lautan yang menakjubkan.


Tetapi hati-hati, alam bebas juga bisa sangat berbahaya apabila kita tidak melakukan persiapan yang baik sebelumnya. Tentu saja, dengan persiapan yang baik, kita dapat lebih nyaman dalam berpetualang.


Maka, agar petualangan kita menjadi lebih tak terlupakan, mari bersama-sama mempersiapkan perjalanan kita kali ini!!!

PERSIAPAN PERJALANAN

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan antara lain:


1. Pengetahuan Dasar (Basic knowledge)


Pengetahuan yang dimaksud mencakup banyak hal. Tentu kita tidak ingin seperti membeli kucing dalam karung. Kita harus mengetahui terlebih dahulu segala aspek yang akan kita jalani. Karena toh yang akan menjalaninya adalah diri kita sendiri. Agar lebih jelas, kita dapat menguraikannya menjadi beberapa pertanyaan, sebagai berikut:

· Apa yang akan kita lakukan? Pilih salah satu kegiatan perjalanan yang akan dilakukan. Dari sekian banyak kegiatan alam bebas, tentu semuanya memiliki daya tarik yang berbeda. Tentukan pilihan dengan memperhitungkan tujuan kegiatan, kemampuan, serta kemauan.

· Akan kemana kita? Carilah informasi mengenai lokasi yang akan kita datangi. Mulai dari jaraknya, waktu yang dibutuhkan untuk sampai kesana, ongkos, fasilitas yang ada disana, biaya masuk, kondisi lokasi, sumber air disana, dan sebagainya.

· Siapa yang akan melakukan kegiatan ini? Berapa orang yang akan berangkat dan siapa-siapa saja yang ikut harus diketahui dengan detail. Karena, jumlah peserta kegiatan akan berhubungan dengan perhitungan bahan makanan yang akan dibawa nantinya.

· Mengapa kita melakukan kegiatan ini? Apakah untuk bersenang-senang saja sekedar mengisi waktu libur atau ada tujuan khusus yang ingin dicapai. Anggota tim harus menyepakati tujuan ini terlebih dahulu sebelum berangkat.

· Bagaimana kita melakukannya? Ya mencakup segala persiapan yang kita lakukan....



2. Kondisi fisik (Physical Condition)


Ketika bermain di alam, kondisi fisik kita harus prima karena kegiatan ini cukup menguras tenaga. Apabila kondisi badan kita sedang tidak fit atau lemah, maka akan mudah sekali terserang penyakit dalam perjalanan. Mengapa demikian? Karena pada saat berkegiatan kita tidak hidup di tempat kita biasa tinggal. Kita harus membawa tempat tidur kita sendiri, alat masak kita sendiri, dan pakaian kita untuk beberapa hari. Tentu saja beban yang kita bawa menjadi berat. Selain itu, kita harus berjalan jauh dengan medan yang sulit. Seperti orang yang bisa menulis belum tentu penulis, demikian juga orang yang dapat berjalan belum tentu dapat berjalan dengan mudah di pegunungan. Tentu saja, seorang pendaki gunung yang handal pun tidak akan bisa melakukannya tanpa latihan. Latihan yang dibutuhkan untuk mendapatkan fisik yang sempurna antara lain dapat berupa jogging (lari-lari santai tetapi konstan) dan muscle strength (sit up, push up, pull up). Latihan tidak harus berat, namun rutin.


Sebelum memulai perjalanan jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Renggangkan otot-otot tubuh kita karena nantinya akan banyak sekali terpakai. Terutama otot kaki, bahu, punggung, dan pinggang.


Kesalahan yang banyak dilakukan oleh pendaki pemula yaitu berjalan terlalu cepat atau justru berjalan terlalu lambat. Berjalan dengan cepat dengan kemudian banyak beristirahat, akan lebih menguras tenaga daripada berjalan dengan pelan namun konstan. Untuk menit-menit pertama perjalanan, kita boleh saja berjalan dengan sangat pelan karena tubuh kita masih menyesuaikan dengan beban berat yang menempel di punggung. Setelah sekitar satu jam perjalanan, langkah kita boleh mulai dipercepat dan kemudian konstan. Sesuaikan kecepatan dengan medan yang dihadapi. Setelah mendapatkan tempo jalan kita, pertahankan dan nikmatilah perjalanan….



 

0 komentar: