CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 21 Mei 2008

Cara Service Busi Motor


Yah…..berhubung busi dah 6 bulan belum diganti, mungkin lebih baik diperiksa sebelum diganti, ternyata cara bersihan busi amat gampang. Berdasarkan teori Busi adalah komponen yang berfungsi untuk memercikkan bunga api didalam ruang bakar. Percikan bunga api ini dihasilkan dari tegangan tinggi antar electrode yang dibangkitkan oleh ignition coil.
Nah ini cara service busi motor Syaratnya tidak sulit. Bagi yang awam jangan takut.
1. Melepas busi, usahakan mesin dalam kondisi dingin atau tidak sedang habis dipakai, Sebab material busi dan kepala silinder masih panas dan muai (gbr. 1), ini jelas memudahkan terjadinya gesekan serta pengkikisan. Alhasil, ulir di kepala silinder mudah slek dan terjadi kebocoran kompresi.
2. Untuk membersihkan kepala busi baiknya jangan dicuci pakai bensin apalagi sampai dibakar (gbr. 2). Usir karbon yang mengendap cukup pakai sikat kawat. Sebab, cairan bensin mudah meresap ke pori-pori keramik dan elektroda apalagi setelah memuai dibakar. Wajar kalau memungkinkan terjadi korslet dan busi cepat koit.
3. Periksa kerengangan celah busi (gbr. 3). Jarak idealnya antara 0,4 - 0,7 mm diukur pakai filler gauge. Maksudnya supaya timbulnya api busi rata dan besar.
4. Langkah berikut Terakhir, pastikan ring busi terpasang rapih agar tidak terjadi knocking. “Begitu juga sambungan antara kepala busi dengan kabel dari koil. Ungkap Heri Kiswanto, istruktur mekanik Hartomo Mechanical Training Centre (HMTC).

Mungkin boleh juga di praktekan siapa tahu mau ganti busi masih tanggal muda..he..he...ada yang kesinggung kali ye...( gEtooo aZ kOq RepoRt ..kata Rakha...)







08-June-2007 11:32:53

0 komentar: