CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 21 Mei 2008

Merawat Kabel Kopling

Merawat Kabel Kopling

Source : Google.com

Kabel kopling merupakan salah satu komponen vital pada motor yang menggunakan kopling manual. Pemeliharaan rutin terhadap bagian ini perlu mendapat perhatian lebih demi kenyamanan dan ketentraman hati selama perjalanan. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk memelihara kabel kopling pada motor yang menggunakan kopling manual, simak berikut ini.

Yang pertama adalah meluruskan lubang pada sela pengatur kopling hingga rata. Usahakan stang pada posisi belok kanan. Jangan lupa berikan lap alas agar tidak mengotori bagian lain.

Kedua adalah masukkan selang pembersih dan pelumas WD40 atau cairan sejenis, tepat pada drat kopling yang telah diluruskan tadi.

Ketiga adalah setelah selangnya masuk, lalu semprotkan WD40. Gunakan tangan satunya untuk memegang kopling dan memposisikan agar cairan tadi masuk ke dalam. Lakukan trik ini berulang hingga anda merasa puas.

Jika anda rasa sudah cukup maka kembalikan posisi setelan kopling sesuai selera dan kenyamanan jari-jari anda. Usahakan sela lubang kopling tadi tidak menghadap ke depan atau atas untuk mengurangi masuknya debu ke dalam kabel kopling yang akan membuat berat kopling tapi sebaiknya ke bawah atau ke belakang.

Langkah selanjutnya tunggu beberapa jam hingga cairan pembersih tadi mengalir dari atas hingga bawah. Lihatlah pada bagian ujung kopling maka akan terlihat kotoran yang ikut larut dalam cairan pembersih yang anda semprotkan. Jika belum terlihat cairan keluar dari lubang kopling maka anda harus melakukan kembali langkah ketiga.

Apabila anda ingin melakukan perawatan ini sebaiknya lakukan pada malam hari pada waktu motor istirahat dan tunggu hasilnya pada keesokan harinya. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda.

0 komentar: