CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 21 Mei 2008

Trouble Shooting di Skubek Simpel dan Beda

Trouble Shooting di Skubek Simpel dan Beda

Source : Google.com

Mengendarai motor skubek memang lebih simpel daripada motor tipe lain. Persoalan motor bebek dan sport saat mengendarai jarak jauh memang cukup ribet karena anda harus mengecek rantai gir dan kampas kopling. Resiko slip kopling dan rantai putus karena kurang perawatan.

Tentu saja hal ini berbeda dengan skubek dan banyak sekali digemari oleh berbagai kalangan. Di Indonesia sudah ada Kymco, Yamaha Nouvo dan Mio, Suzuki Spin 125 serta Honda Vario. Tidak ada salahnya anda simak beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mengendarai motor skubek.

Anda harus mengecek kondisi ban, tekanan angin harus sesuai dengan bobot pengendara dan boncengers. Karena jika anda acuhkan maka akan mengakibatkan ban dalam pecah.

Inner tube atau ban dalam Mio skubek setelah menghantam lubang besar. Ternyata ban dalam terkena paku dan bocor, biasanya tukang tambal tidak menyediakan ban dalam 14 inci. Sebaiknya setelah sampai rumah, anda harus mengganti ban dalam karena akan lebih baik jika anda mengganti ban dalam daripada ditambal.

Cek perangkat atau komponen rem karena pengereman harus maksimal sehingga perpindahan daya tidak bertahap. Hal ini berarti tanpa engine brake seperti pada motor bebek atau sport.

Untuk skubek Vario anda harus memperlakukannya berbeda dengan Mio atau Spin 125. Kondisi radiator coolen harus anda perhatikan karena temperatur mesin saat perjalanan jauh akan tinggi.

Apalagi perjalanan macet, rpm turun naik tidak teratur sehingga mempercepat mesin panas. Anda harus memperhatikan di panel petunjuk. Jika menyala maka radiator coolen harus diisi ulang. Tapi bila baru tapi panel penunjuk sudah menyala maka ada masalah di switch panel dan anda cukup lakukan pembersihan saja.

Yang harus anda waspadai adalah untuk anda yang memiliki motor skubek dengan usia pemakaian lebih dari 15.000km, perhatikan kondisi v-belt atau sabuk karet pemutar. Agar lebih aman sebaiknya anda cek dan siapkan cadangan sehingga saat putus di jalan maka anda bisa menggantinya.

Pada motor Mio agar tenaga lancar maka anda harus bersihkan filternya. Saat melakukan perjalanan jauh biasanya cenderung mempercepat penumpukan debu di filter udara. Putaran mesin bisa mbrebet jika anda tidak memperhatikannya saat ingin melakukan perjalanan jauh. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda.

0 komentar: